tattoos

Tuesday, October 20, 2009

Mengganti MAC Address Notebook

Apa itu MAC Address??

Untuk penjelasan secara detail tentang apa sebenarnya MAC Address akan saya bahas di lain waktu, untuk saat ini saya akan menerangkan bagaimana cara mengganti MAC Address di notebook kita.

Mengganti MAC Address sebenarnya merupakan sebuah cara mengelabui sebuah koneksi internet yang membatasi akses setiap network card yang terkoneksi. Misalnya disebuah pusat perbelanjaan seperti mol, biasanya di tempat-tempat tersebut membatasi akses setiap network card dengan durasi waktu. Ditempat saya tinggal ada sebuah mol yang membatasi akses hanya cuma 2 jam dalam 1x24 jam. Maksudnya, kita cuma bisa terkoneksi dalam waktu 2 jam selama 1x24 jam.

Pembatasan akses tersebut dilakukan dengan cara membaca MAC Address di setiap network card yang terkoneksi, sehingga network card tersebut tidak bisa terkoneksi jika waktu yang disediakan telah habis. Dan untuk bisa terkoneksi lagi tanpa harus menunggu hingga 1x24 jam, cara yang paling ampuh yaitu mengganti MAC Address Network Card kita.
 
  • Saya berasumsi bahwa OS yang dipakai adalah Windows XP
  • Hal pertama yang perlu dilakukan adalah masuk ke “Network Connections”, caranya masuk ke “Control Panel” Lalu pilih “Network and Internet Connections” dan selanjutnya pilih “Network Connections
  • Berikutnya, klik kanan pada “Wireless Network Connection”, pilih Properties

Sekarang kita masuk dalam jendela “Wireless Network Connection Properties”, selanjutnya :

clip_image001

  • Pilih “Configure…” lalu masuk ke Tab Advanced

clip_image002

  • Pilih Property yang bertulisakan kata MAC, kalo disini daya memiliki kalimat “Locally Administered MAC Address

clip_image003

  • Biasanya setting defaultnya ada Not Present (Berarti MAC Addressnya masih MAC Address default dari Vendor network card tersebut.
  • Untuk menggantinya, cukup tuliskan MAC Address yang baru pada kolom “Value
  • Lalu klik OK ==> restart Laptop

Nah sekarang kita bisa kembali terkoneksi dengan jaringan yang dibatasi tersebut. Tiap kehabisan waktu, ganti lagi dengan MAC Address yang lain. Maka dari itu untuk kenyamanan, kita perlu banyak koleksi MAC Address.

Untuk keterangan di atas merupakan sebuah pengaturan untuk Vendor Network card dan laptop yang saya pakai, kemungkinan untuk Network Card dan laptop merk lain berbeda caranya, tapi pada intinya untuk memasuki kedalam “(nama Network Card) Properties” langkah-langkahnya sama.

No comments:

Post a Comment

 

blogger templates | Blogger