tattoos

Wednesday, December 2, 2009

Facebook Hacking

Sebelum meneruskan artikel ini, aku sanag berterima kasih kepada sobatku MICKA MITNICK yang telah membantuku.. Good Work dan Lanjukan petualanganmu...

Hahha.. Sobat pasti bertanya-tanya kenapa aku ambil judul Facebook hacking tapi ini bukanlah sebuah trik ataupun pembelajaran tentang bagaimana cara hacking Facebook orang lain, tapi ini merupakan sebuah cerita pengalaman pribadi kepada sobat bahwa sekitar 10 jam yang lalu ada sebuah facebook yang terkena hack oleh seseorang yang mengaku namanya “v3n0m4nc3r ~ Serbian Hacker”, hebat bener tu orang.. hahha… Dan tepatnya Facebook itu adalah milik saya sendiri. Saya juga bingung kenapa orang itu mengambil alih FACEBOOK saya.

image

Itulah sebuah screenshot halaman profil saya yang diambil alih oleh hacker kurang kerjaan. Dan sang hacker membuat sebuah komentar di status yang dia buat, bahwa akun saya akan kembali dalam 5 hari, dan data diri tetap tersimpan aman. (Terima kasih atas niat baik tuan hacker)… huhu..

image

Pertamanya aku gak tau bahwa facebookku di hack, aku kira cuma sekedar eror seperti apa yg dialami temen saya beberapa waktu yg lalu, dia tidak bisa login beberapa menit. Nah saat itu aku putuskan untuk menunggu beberapa menit.

Nah, sudah hampir 30 menit saya menunggu, saya mencoba untuk login kembali, ternyata nihil, saya tetap gak bisa login.. Wah bingung banget… Kemudian saya coba untuk mengambil jalan terkahir, yaitu mereset passwordku. Setelah langkah reset password selesai,, aku diminta sebuah kode untuk mereset password, dan kode itu dikirim di emailku, aku coba deh akses email, dan bimsalabim, emailku juga tidak bisa dibuka… hahhhaa…. tambah bingung deh… hadoo…

Time to berfikir lagi, apa sih masalahnya… huhu… aku dapet ide buat ngecek facebook ku tu kenapa dari facebook lain, aku login dengan aku temenku, dan ternyata setelah aku buka profilku, ya Allah, tak kusangka ternyata facebook ku di hack.. huft..

Berhenti berfikir (karena memang tak bisa berfikir) dan tambah bingung dengan keadaan ini…

Sekitar 1 jam berdiam diri, aku jadi bisa berfikir lagi dan aku dapet ide buat hubungi temenku yang aku harap bisa bantuin aku dalam masalah ini, dan dia adalah sang White Hat, namanya Micka Mitnick.

Pagi-pagi aku coba hubungi dia, tepatnya sekitar 7 jam setelah akunku di ambil alih oleh sang hacker.  Aku minta bantuan dia untuk mengambil alih lagi facebook dan mailku, dia kasih usul untuk forgot password email, dan dia juga menawarkan untuk membatu dan gak sampe 5 menit, emailku kembali. Thanks a lot friend… kemudian aku lakukan langkah kedua, yaitu meneruskan mengambil akun facebook, dan berhasil. Jadi janji sang hacker untuk mengembalikan akun facebook dalam waktu 5 hari telah aku dapatkan dalam waktu kurang lebih 7 jam berkat bantuan penuh dari Micka Mitnick.

image

Sebenarnya itu merupakan cara yang sederhana, jika kita benar-benar mengikuti peraturan yang ada.

Misalnya saja, pada saat pembuatan akun email, kita pasti akan diminta untuk menjawab atau membuat suatu pertanyaan keamanan, dan sangat disarankan untuk menjawabnya sesuai kenyataan agar anda tidak lupa. Karena data tersebut sangat berguna jika anda lupa password ataupun anda tidak lagi memiliki akses penuh terhadap email.

Selain itu buatlah password anda sesulit mungkin, sampai-sampai orang lain tidak bisa menebaknya. Untuk diri kita sih mudah saja, kalo semisal kita lupa, kan ada pertanyaan keamanan yang menolong kita.

Kemudian, jangan pernah menempatkan password yang sama disetiap akun anda, karena sangat berbahaya jika semua akun tersebut berhubungan maka, kemungkinan besar jika salah satu di ambil alih oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab maka yang lainnya ikutan juga hilang… Contohnya, password email harus berbeda dengan password facebook, friendster, ataupun yang lainnya, itu kalau memang akun-akun tersebut berhubungan dengan email.

Mungkin sekian dulu cerita ini, saya harap orang-orang yang pintar akan masalah mengambil alih akun orang lain sadar, bahwa hal seperti itu tidaklah berguna dan hanyalah merugikan orang lain. Dan untuk sobatku, tetap waspada, karena mungkin ini akan terjadi pada sobat jika sobat tidak berhati-hati…

Salam Blogger dan Facebookers…

No comments:

Post a Comment

 

blogger templates | Blogger