tattoos

Wednesday, December 23, 2009

Mengatur IP Address Manual Part II

Tidak perlu panjang lebar untuk pembahasan kali ini, karena penjelasan tentang kegunaan IP address manual telah saya bahas pada artikel sebelum ini, yang berjudul “Mengatur IP Address manual”. Yang menjadi masalah sebenarnya artikel part 1 kemarin hanya membahas tentang pengaturan pada Windows XP saja, beberapa hari yang lalu saya mencoba melakukan pengamatan terhadap blog saya, ya intinya mencari tau dari mana asal sobat serta apa niat sobat berkunjung. Dan saya menemukan sebuah kejanggalan, ada seseorang yang melakukan searching di Mbah Google dengan kata kunci “mengatur IP Address Windows 7” tetapi dia masuknya ke artikel part 1 saya, kesian kan?? niatnya cari buat windows 7, eh malah ketemu sama artikel yang buat windows XP… huhu…

Karena hal itulah saya langsung bergegas memasang Windows 7 di Laptop saya dan langsung membuat tutorial ini… hehhe… maksa banget ya?? tak apalah, sesuai kebutuhan… hehhe

Ya sudah, kita langsung saja ya…

Hal paling awal untuk melakukan pengaturan manual IP Address adalah mempersiapkan segalanya yang dibutuhkan, yaitu :

  1. IP Address
  2. Subnet Mask
  3. Default Gateway
  4. DNS Server

4 bahan di atas bisa kita dapatkan dengan cara kita koneksikan dulu laptop kita di area koneksi, lalu kita lihat propeties dari koneksi tersebut. Caranya :

  • Klik pada koneksi kita, itu lo di sebelah kanan taskbar, yang ada gambar signalnya… hehhe

image

  • Klik kanan pada koneksi yang kita pakai, lalu pilih status

image

  • Lalu pilih “Details…”

image

  • Nah muncul deh disitu berbagai bahan yang kita butuhkan. Jangan lupa dicatat ya…

Setelah kita mendapatkan semua yang dibutuhkan. Saatnya menyulap IP Address yang semula kita request dan diberikan secara acak, sekarang kita request dengan menentukan IP address kita sendiri.

Ikuti tahapan berikut :

  • Masuk Control Panel

image

  • Kemudian pilih “Network and Internet”

image

  • Selanjutnya pilih “Network and Sharing Center”

image

  • Lihat pada sidebar kiri, pilih yang “Change adapter settings”

image

  • Akan muncul tampilan yang memuat semua adapter network kita, disini saya hanya memiliki 2 adapter network, yaitu untuk akses LAN dan Wireless. Pilih yang “Wireless Network Connection” untuk akses IP Manual pada jaringan Wi-Fi, jika ingin mengatur untuk jaringan LAN pilih yang “Local Area Connection”, sekarang kita pilih yang untuk akses Wi-Fi saja. Klik kanan lalu “Propeties”

image

  • Tetap pada TAB “Networking”, tepat pada “This connection uses the following items :” pilih yang “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), double klik atau silahkan pilih properties.

image

  • Inilah tahapan dimana kita mengisikan beberapa bahan yang sudah kita dapatkan tadi. Pilih “Use the following IP address” dan isikan yang dibutuhkan disitu :

image

  • Jika kita memilih “Use the following IP address, maka bagian DNS server akan otomatis berubah menjadi “Use the following DNS server addresses. untuk DNS server bisa kita isi dan bisa juga tidak. Sekarang kita isi saja ya.

image

  • Selesai sudah, pilih OK >> Close
  • Sekarang kita sudah memiliki IP Address Manual untuk koneksi kita.

Perhatian!!! Untuk DNS Server yang saya gunakan sebagai contoh di atas merupakan DNS Server Public kepunyaan Mbah Google, silahkan sobat pakai, katanya lebih cepat… hehhe… tergantung koneksi setempat sih… Informasi ini saya dapatkan dari sobat saya Mr. R3m1ck dalam sebuah artikelnya yang berjudul “Google Public DNS”.

Apa yang kita lakukan diatas merupak pengaturan untuk IPv4 saja, saya mohon maaf karena keterbatasan ilmu yang saya punya, jadi untuk IPv6 mungkin akan dibahas diwaktu mendatang. Saya akan coba terus belajar tentang jaringan…

Nb. Cara di atas juga berlaku untuk WINDOWS VISTA.

No comments:

Post a Comment

 

blogger templates | Blogger